Thursday, February 13, 2014

Tip Mendesain Taman Agar Nampak Lebih "Hidup"

Saat anda memiliki rumah dengan taman yang luas, anda memerlukan sebuah konsep desain taman yang tertata rapi dan pas dengan struktur rumah anda. Coba anda lihat dengan seksama taman yang sudah ada di rumah anda? Apakah taman Anda telah terkonsep dan tertata dengan baik? Apabila belum maka ada baiknya anda mulai berpikir untuk mulai merenovasinya. 


Desain taman cantik

Mendesain ulang taman tidak selalu berhubungan dengan perubahan tanaman dan aksesoris yang sudah ada di taman Anda. Anda juga tidak perlu menyiapkan budget khusus untuk merenovasinya. Dengan sedikit pengetahuan dan sedikit biaya, anda bisa merombaknya menjadi taman yang lebih asri, indah dan membuat sejuk suasana rumah anda.

Bicara tentang dekorasi taman, kita akan berbicara tentang berbagai elemen pembentuk taman, seperti elemen air, hardscapesoftscape. Elemen-elemen ini juga penting untuk dipertimbangkan sebagai bagian untuk memperindah taman.

Pertama, kita akan mencoba membahas elemen "hardscape" atau elemen keras. Elemen ini dapat digunakan untuk meningkatkan karakter dari taman. Jenis-jenis elemen keras ini bervariasi seperti kayu,batu koral, batu alam, batu bata, dan bahan-bahan lainnya. Pada umumnya elemen ini diimplementasikan pada dinding taman dan pinggiran taman. Atau jika di taman anda terdapat kolam dan jalan setapak, maka elemen keras ini bisa juga menghiasi sisi sekitar kolam dan sepanjang jalan setapak tersebut.


Elemen hardscape pada jalan setapak dan kursi taman
Kedua, elemen lembut atau "softscape" meliputi vegetasi seperti  tanaman bunga, pohon, semak-semak, rerumputan  dan lain sebagainya. Elemen lembut ini diperlukan untuk menimbulkan kesan nyaman, hijau dan menghilangkan kesan kaku pada taman Anda.


Elemen softscape tak harus dengan pohon-pohon yang rimbun
Ketiga, elemen air yang sering digunakan untuk dekorasi taman adalah kolam ikan, air terjun, air mancur hingga kolam air tenang. Anda dapat memilih yang sesuai dengan karakter yang ingin dibangun pada dekorasi taman Anda. Dalam memilih elemen air, pilihlah yang sesuai dengan ukuran luas taman anda. Pastikan komposisi air tidak melebihi elemen hardscape dan softscape.


Elemen air berupa air terjun
Hal yang biasa dilakukan untuk mengurangi efek kekakuan pada elemen keras adalah membuat tampilan permukaannya menjadi tak beraturan, seperti halnya untuk dinding taman atau kolam.


sisi kolam dibuat tak beraturan agar tak terlihat "kaku"
Demikian tips mudah mendesain taman agar nampak lebih hidup. Anda harus bisa mengembangkan ide dan kreatifitas anda dalam mengatur komposisi ketiganya, tentunya harus menyesuaikan dengan arsitektur rumah dan budget anda.

1 comment: