Friday, February 21, 2014

20 Desain Tangga Minimalis dan Modern (2)

Desain tangga minimalis modern - Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel kami sebelumnya (baca disini). Kami split menjadi 2 artikel karena materinya yang lumayan banyak. Berbicara tentang desain tangga, kita akan menyinggung pula tentang model dan ukurannnya.

Berbicara tentang model tangga, ada banyak pilihan di dalamnya, terutama berkaitan dengan bentuknya, seperti model lurus, model melengkung, model melingkar, model 2 lekukan ataupun model melayang. Dari sekian banyak model yang ada, model melingkar, melengkung dan melayang adalah pilihan yang pas untuk tangga di rumah yang minimalis dan modern.

Faktor berikutnya yang harus anda pikirkan adalah ukuran tangga. Bicara tentang ukuran tangga, kita akan menyinggung 2 hal yakni jumlah anak tangga dan sudut kemiringan tangga. Kedua faktor ini akan sangat menentukan bagi pemilik rumah karena pemilihan dan perhitungan yang salah akan membuat penghuni rumah cepat capek untuk menaiki maupun menuruninya.

Sudut kemiringan tangga yang ideal adalah 40 derajat. Jika lebih dari itu akan membahayakan bagi yang melewatinya terutama orang tua (kakek dan nenek) dan anak-anak. Sedangkan untuk lebar tangga minimal 80 cm. Jika luas rumah anda tak mencukupi untuk syarat tersebut, anda bisa menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Misalkan jika kemiringan 40 derajat tak bisa dipenuhi, anda bisa mengaturnya menjadi beberapa lekukan sehingga kemiringan tangga akan lebih kecil dari 40 derajat.

Satu hal yang harus anda perhatikan dalam mendesain tangga adalah perhitungan yang cermat sehingga tangga akan berfungsi secara optimal dan menjamin kenyamanan dan keamanan penghuni rumah.

Berikut kelanjutan dari desain tangga minimalis yang telah kami tampilkan di artikel sebelumnya "20 Desain Tangga Minimalis dan Modern (1)". Desain tangga ini kami sadur dari situs luar design-milk.com











No comments:

Post a Comment