Tuesday, January 28, 2014

Mengintip Desain Rumah Beratap Besar di Jepang

Rumah beratap besar - Terletak di daerah hutan di wilayah Ibaraki Prefecture Jepang , rumah pribadi ini dirancang oleh Naoi Architecture & Design Office .Rumah ini terletak di daerah yang sedang berkembang, belum banyak hunian dan lingkungan sekitarnya masih fresh dan alami.

Dalam mendesain rumah beratap besar ini, sang arsitek memilih untuk menggabungkan konsep rumah yang menyatu dengan alam. Oleh karenanya, sang arsitek mendesain 1 lantai khusus yang terbuka dengan lingkungan sekitarnya.

situasi rumah di siang hari

situasi rumah menjelang malam
Desain utama rumah beratap besar ini adalah penempatan ruang tamu di sisi tengah rumah. Rumah ini terdiri dari kamar tidur utama, kamar mandi, dapur , dan lemari berjajar di sekitar zona luar.

Lantai 2 didominasi oleh jendela kaca dan atap yang terbuat dari kayu, sehingga saat berada di lantai ini, anda akan merasakan suasana yang benar-benar alami, cahaya matahari yang cukup dan udara yang segar. Rumah tipe ini tidak mengenal adanya plafond atap, karena ruang untuk plafond sudah dianggap sebagai sebagai lantai 2.




Atap rumah ini dibangun dari balok-balok kayu, menyangga langit-langitnya yang juga terbuat dari lempengan kayu (atau bisa disebut juga dengan sejenis papan triplex berkualitas tinggi). Garis atap balok-balok meniru sebuah gunung di sekitarnya, yang sayangnya telah hilang selama tahap pengembangan komplek perumahan di lingkungan tersebut.




Ruang di lantai 2 ditutupi oleh atap berpinggul yang di sisi selatan seluruhnya ditutup dengan kaca .




Atap miring membuat suplai cahaya ke seluruh ruangan di bawahnya tercukupi, hal ini berkat jendela yang tinggi di ruang lantai 2.

Ruang lantai 2 memberikan ruang ekstra bagi keluarga dan memungkinkan untuk dijadikan ruang tamu terbuka.




source : design-milk

No comments:

Post a Comment